SEMINAR INTERNASIONAL DAN WORKSHOP 27-28 APRIL 2019



PROPOSAL
 “BUILDING INDONESIAN EDUCATION IN THE INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4.0”

A.   Latar Belakang
Perkembangan dunia merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Hal yang paling utama yang menandai perkembangan itu adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah mengubah dunia dalam ledakan-ledakan revolusi. Revolusi ilmu pengetahuan menandai tahapan-tahapan baru dalam kehidupan manusia. Tahapan ini dipicu oleh sebuah revolusi industri yang langsung memengaruhi kehidupan dasar manusia seperti sandang, pangan dan papan.
Tahapan perkembangan industri ini kemudian dikenal dengan revolus industri. Revolusi generasi pertama melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin. Salah satunya adalah kemunculan mesin uap pada abad ke-18. Revolusi ini dicatat oleh sejarah berhasil mengerek naik perekonomian secara dramatis di mana selama dua abad setelah Revolusi Industri terjadi peningkatan rata-rata pendapatan perkapita Negara-negara di dunia menjadi enam kali lipat.
Berikutnya, pada revolusi industri generasi kedua ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran dalam (combustionchamber). Penemuan ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dll. yang mengubah wajah dunia secara signifikan. Kemudian, revolusi industri generasi ketiga ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet.
Selanjutnya, pada revolusi industri generasi keempat, telah menemukan pola baru ketika terjadi disruptif teknologi (disruptive technology). Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.
Bagaimana pendidikan di era revolusi industri 4.0. Salah satu pengaruh revousi industri pada pendidikan disetiap tahapannya adalah penyiapan sumber daya manusia yang siap memasuki dunia industri dengan semua variannya. Menurut beberapa analis kecepatan revolusi industri 4.0 akan ditandai dengan ancaman penyiapan SDM secara massif. Secara global, era ini dapat menghilangkan sekitar 1 sampai 1,5 juta pekerjaan dalam kurun waktu 10 tahun karena adanya peran pengganti manusia dengan mesin otomatis. Selain itu, 65% siswa usia sekolah di dunia akan bekerja pada profesi yang belum pernah ada saat ini.
Kesiapan infrastruktur pendidikan memang menjadi perbincangan mendasar ketika membahas kesiapan pendidikan Indonesia memasuki revolusi industri 4.0 Delapan Standar Pendidikan Nasional yang merupakan dasar kebijakan pendidikan yang bermutu harus dikaji lebih dalam seiring dengan perubahan industri ke arah yang lebih otomasi.  Kesiapan infrastruktur sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan harus benar-benar mengalir seirama dengan kecepatan digitalisasi yang menjadi prasyarat revolusi industri 4.0. bagaimana menjadi pendidik di era ini akan menjadi perbincangan yang menarik. Bagaimana membangun karakter di era mesin akan membuka dialog-dialog dengan segmentasi tersendiri.
Oleh karena itu, Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cab. Barru bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Barru dan beberapa organisasi profesi lainnya akan membuka ruang diskusi dan pendalaman dalam bentuk Seminar dan Workshop Internasional yang akan menyasar dunia pendidikan di kabupaten Barru dan daerah sekitarnya.
Kegiatan ini berbentuk Seminar, Workshop, dan Pemaparan makalah meliputi 5 topik subtema. Seminar Internasional bertema “Building Indonesian Education in the Era of the Industrial Revolution 4.0” dengan workshop dan presentasi prosiding yang terdiri dari 5 subtema.

C.   Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini memiliki tujuan:
1. Memperjelas road map pendidikan Indonesia memasuki revolusi industri 4.0
2. Memetakan arah pendidikan dunia di era revolusi Indutri 4.0
3. Memperkuat karakter bangsa dalam pendidikan di era revolusi industri 4.0
4. Mempersiapkan guru profesional menghadapi tantangan mendidik di era revolusi industri 4.0

D.   Waktu dan Tempat Kegiatan
Rangkaian kegiatan berlangsung dari tanggal 27 dan 28 April 2019 dengan lokasi kegiatan sebagai berikut:
1. Seminar Internasional bertempat di Islamic Centre Kab. Barru 27 April 2019
2. Workshop dan Persentase makalah pendamping 28 April 2019 DI STIA Al-Gazali Kab. Barru
Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah:
Seminar Internasional
1. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si. sebagai keynote speaker
          (Kebijakan Pemda Kab. Barru menghadapi era Revolusi Industri 4.0
      2. Dipl.-Ing. Andreas Vogel (Universitas Dortmund-Jerman)
          (Kontribusi IoT dan Devais cerdas (Smart device) dalam Industri 4.0
          dan PendidikanKejuruan di Jerman dalam penyiapan Industri) 
      3. Prof. Dr. Andi Ima Kesuma, M.Pd. \
          (Konsultan Ahli Dinas Budpar, Balitbanda, Dinas Sosial Prov. Sul-Sel)
          (Kontribusi local wisdom di era Revolusi Industri 4.0)
      4. Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed.
          (Kaprodi PEP Pascasarjana UNM)
          (Menjadi Guru Profesional di Era Industri 4.0)
      5. Dr. H. Naijan Lengkong, M.Pd. (Ketua Umum Agupena Pusat
          (Membangun Literasi bangsa Indonesia di era Revolusi Industri 4.0)
      6. Dr. Ir. Abustan, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Barru
          (Kesiapan Infrastruktur pendidikan memasuki era Revolusi Industri 4.0)
      7Dr. H. Kamaruddin Hasan, M.Pd. (Ketua Dewan Pendidikan Kab. Barru)
         (Menakar pendidikan karakter di era Revolusi Industri 4.0)
      8Dr. Andi Fiptar Abdi Alam, M.Si. (Ketua STKIP Muhammadiyah Barru)
         (Perkembangan psikologi manusia di era Revolusi Industri 4.0)

Pemateri Workshop
M. Ardy Ali, S.Sos.,M.Pd. (Ketua Agupena Wilayah Sul-Sel)
Dr. Surahmin, M.Pd.
Tim IT pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital
Para pemakalah pendamping

F.    Tema Makalah Pendamping
Tema yang dipersiapkan panitia untuk para pemateri makalah pendamping adalah:
a. Menjadi guru profesional di era digital
b. Mendidik dengan hati di era revolusi Industri 4.0
c. Mendidik generasi millenial dengan gaya millenial
d. Metode-metode pembelajaran baru di era revolusi Industri 4.0
e. Kontribusi orang tua dan lingkungan dalam pembentukan generasi millenial
Ketentuan Pemakalah pendamping
Menyetor makalah pendamping dengan memilih satu subtema
Jumlah makalah minimal 4 halaman di luar halaman prancis, Ukuran kertas, A4, dengan margin normal (top 2,5”, bottom 2,5”, left 2,5 and right 2,5”) Huruf Arial Font 11. Jarak Spasi 1,5 (Line Spacing 1)
Makalah sesuai dengan ketentuan makalah ilmiah sbb
HALAMAN JUDUL

HALAMAN KATA PENGANTAR

ABSTRAK (Indonesia dan Inggris)

HALAMAN DAFTAR ISI

HALAMAN DAFTAR GAMBAR/GRAFIK:

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Penulisan Latar belakang pada umumnya adalah penulisan yang berupa hal-hal yang melatarbelakangi kenapa Karya Tulis tersebut ditulis
1.2. Tujuan
Tujuan bermaksud menjelaskan apa maksud atau tujuan dari penulisan karya tulis tersebut. Apakah tujuannya untuk informasi secara umum, atau pengutaraan sebuah gagasan, atau pemaparan dari kumpulan-kumpulan fakta-fakta yang sudah dihimpun sebelumnya.
1.3. Permasalahan
Permasalah berisi tentang beberapa hal atau masalah yang nantinya akan dibahas pada karya tulis tersebut secara lebih mendalam
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan pustaka berisi mengenai peninjauan dari poin-poin penting yang menjadi topik permasalah di dalam karya tulis tersebut. Tinjauan pustaka ini nantinya akan berguna untuk mereview masalah-masalah yang mempunyai keterkaitan dengan topik permasalahan.
BAB III : PEMBAHASAN
Pembahasan berisi tentang data-data hasil dari penelitian yang diperoleh dari hasil kuisioner ataupun data tertulis yang diambil dari instansi-instansi yang bersangkutan. Atau berupa deskripsi temuan-temuan yang didapatkan.
BAB IV : PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Kesimpulan yaitu rangkuman dari poin-poin penting yang termaktub di dalam isi makalah yang telah di bahas secara panjang lebar.
4.2. Saran
Penulisan saran ini berisi tentang permintaan atau masukan dari penulis kepada pembaca, seperti meminta untuk melengkapi hasil penelitiannya atau mungkin bisa juga permintaan untuk memperbaiki apabila ditemukan indikasi kesalahan atau memberi masukan agar penulis memperbaikinya.
DAFTAR PUSTAKA

Makalah paling lambat diterima pada tanggal 20 April 2019 pada email: yasbic75@gmail.com dengan mengonfirmasi pembayaran pada no. 085242099140.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.