SEMINAR INTERNASIONAL DAN WORKSHOP 27-28 APRIL 2019
PROPOSAL
“BUILDING
INDONESIAN EDUCATION IN THE INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4.0”
A. Latar Belakang
Perkembangan dunia merupakan suatu
keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Hal yang paling utama yang menandai
perkembangan itu adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah
mengubah dunia dalam ledakan-ledakan revolusi. Revolusi ilmu pengetahuan
menandai tahapan-tahapan baru dalam kehidupan manusia. Tahapan ini dipicu oleh
sebuah revolusi industri yang langsung memengaruhi kehidupan dasar manusia
seperti sandang, pangan dan papan.
Tahapan perkembangan industri ini
kemudian dikenal dengan revolus industri. Revolusi generasi pertama melahirkan sejarah ketika
tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin. Salah satunya adalah
kemunculan mesin uap pada abad ke-18. Revolusi ini dicatat oleh sejarah
berhasil mengerek naik perekonomian secara dramatis di mana selama dua abad
setelah Revolusi Industri terjadi peningkatan rata-rata pendapatan perkapita
Negara-negara di dunia menjadi enam kali lipat.
Berikutnya,
pada revolusi industri generasi kedua ditandai dengan kemunculan pembangkit
tenaga listrik dan motor pembakaran dalam (combustionchamber). Penemuan
ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dll. yang
mengubah wajah dunia secara signifikan. Kemudian, revolusi industri generasi
ketiga ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet.
Selanjutnya,
pada revolusi industri generasi keempat, telah menemukan pola baru ketika terjadi
disruptif teknologi (disruptive technology). Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan
kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing
genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih
mengoptimalkan fungsi otak.
Bagaimana
pendidikan di era revolusi industri 4.0. Salah satu pengaruh revousi industri
pada pendidikan disetiap tahapannya adalah penyiapan sumber daya manusia yang
siap memasuki dunia industri dengan semua variannya. Menurut beberapa analis
kecepatan revolusi industri 4.0 akan ditandai dengan ancaman penyiapan SDM secara massif. Secara global, era ini
dapat menghilangkan sekitar 1 sampai 1,5 juta pekerjaan dalam kurun waktu 10
tahun karena adanya peran pengganti manusia dengan mesin otomatis. Selain itu,
65% siswa usia sekolah di dunia akan bekerja pada profesi yang belum pernah ada
saat ini.
Kesiapan infrastruktur pendidikan memang menjadi perbincangan
mendasar ketika membahas kesiapan pendidikan Indonesia memasuki revolusi industri
4.0 Delapan Standar Pendidikan Nasional yang merupakan dasar kebijakan
pendidikan yang bermutu harus dikaji lebih dalam seiring dengan perubahan industri
ke arah yang lebih otomasi. Kesiapan
infrastruktur sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan harus benar-benar
mengalir seirama dengan kecepatan digitalisasi yang menjadi prasyarat revolusi
industri 4.0. bagaimana menjadi pendidik di era ini akan menjadi perbincangan
yang menarik. Bagaimana membangun karakter di era mesin akan membuka
dialog-dialog dengan segmentasi tersendiri.
Oleh karena itu, Asosiasi
Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cab. Barru bekerjasama dengan Dinas Pendidikan
Kab. Barru dan beberapa organisasi profesi lainnya akan membuka ruang diskusi
dan pendalaman dalam bentuk Seminar dan Workshop Internasional yang akan
menyasar dunia pendidikan di kabupaten Barru dan daerah sekitarnya.
Kegiatan ini berbentuk Seminar, Workshop, dan Pemaparan makalah meliputi 5 topik subtema. Seminar
Internasional bertema “Building Indonesian Education in the Era
of the Industrial Revolution 4.0” dengan workshop dan presentasi prosiding
yang terdiri dari 5 subtema.
C. Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini memiliki tujuan:
1. Memperjelas road
map pendidikan Indonesia memasuki revolusi industri 4.0
2. Memetakan arah pendidikan dunia di era revolusi Indutri
4.0
3. Memperkuat karakter bangsa dalam pendidikan di era
revolusi industri 4.0
4. Mempersiapkan guru profesional menghadapi tantangan
mendidik di era revolusi industri 4.0
D.
Waktu dan Tempat Kegiatan
Rangkaian kegiatan
berlangsung dari tanggal 27 dan 28 April 2019 dengan lokasi kegiatan sebagai
berikut:
1. Seminar Internasional bertempat di Islamic Centre Kab.
Barru 27 April 2019
2. Workshop dan Persentase
makalah pendamping 28 April 2019 DI STIA Al-Gazali Kab. Barru
Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah:
Seminar
Internasional
1. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si. sebagai keynote
speaker
(Kebijakan Pemda
Kab. Barru menghadapi era Revolusi Industri 4.0
2. Dipl.-Ing. Andreas Vogel (Universitas Dortmund-Jerman)
(Kontribusi IoT dan Devais cerdas (Smart device) dalam Industri 4.0
dan PendidikanKejuruan di Jerman dalam penyiapan Industri)
3. Prof. Dr. Andi Ima Kesuma, M.Pd. \
(Konsultan Ahli Dinas
Budpar, Balitbanda, Dinas Sosial Prov. Sul-Sel)
(Kontribusi local wisdom di era Revolusi Industri
4.0)
4. Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed.
(Kaprodi PEP Pascasarjana UNM)
(Menjadi Guru Profesional di Era Industri 4.0)
5. Dr. H. Naijan Lengkong, M.Pd. (Ketua Umum Agupena Pusat
(Kaprodi PEP Pascasarjana UNM)
(Menjadi Guru Profesional di Era Industri 4.0)
5. Dr. H. Naijan Lengkong, M.Pd. (Ketua Umum Agupena Pusat
(Membangun Literasi
bangsa Indonesia di era Revolusi Industri 4.0)
6. Dr. Ir. Abustan, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Barru
(Kesiapan
Infrastruktur pendidikan memasuki era Revolusi Industri 4.0)
7. Dr. H. Kamaruddin Hasan, M.Pd. (Ketua Dewan Pendidikan Kab. Barru)
(Menakar pendidikan
karakter di era Revolusi Industri 4.0)
8. Dr. Andi Fiptar Abdi Alam, M.Si. (Ketua STKIP Muhammadiyah Barru)
(Perkembangan
psikologi manusia di era Revolusi Industri 4.0)
Pemateri Workshop
M. Ardy Ali, S.Sos.,M.Pd. (Ketua Agupena Wilayah Sul-Sel)
Dr. Surahmin, M.Pd.
Tim IT pembuatan
Media Pembelajaran Berbasis Digital
Para pemakalah
pendamping
F.
Tema Makalah
Pendamping
Tema yang dipersiapkan
panitia untuk para pemateri
makalah pendamping adalah:
a. Menjadi guru profesional di era digital
b. Mendidik dengan hati di era revolusi
Industri 4.0
c. Mendidik generasi millenial
dengan gaya millenial
d. Metode-metode
pembelajaran baru di era revolusi Industri 4.0
e. Kontribusi orang tua dan lingkungan dalam
pembentukan generasi millenial
Ketentuan
Pemakalah pendamping
Menyetor makalah pendamping dengan memilih satu subtema
Jumlah
makalah minimal 4 halaman di luar halaman prancis, Ukuran kertas, A4, dengan margin
normal (top 2,5”, bottom 2,5”, left 2,5” and right 2,5”) Huruf
Arial Font 11.
Jarak Spasi 1,5 (Line Spacing 1)
Makalah
sesuai dengan ketentuan makalah ilmiah sbb
HALAMAN
JUDUL
HALAMAN KATA PENGANTAR
ABSTRAK
(Indonesia dan Inggris)
HALAMAN DAFTAR ISI
HALAMAN DAFTAR GAMBAR/GRAFIK:
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Penulisan
Latar belakang pada umumnya adalah penulisan yang berupa hal-hal yang
melatarbelakangi kenapa Karya Tulis tersebut ditulis
1.2. Tujuan
Tujuan
bermaksud menjelaskan apa maksud atau tujuan dari penulisan karya tulis
tersebut. Apakah tujuannya untuk informasi secara umum, atau pengutaraan sebuah
gagasan, atau pemaparan dari kumpulan-kumpulan fakta-fakta yang sudah dihimpun
sebelumnya.
1.3.
Permasalahan
Permasalah
berisi tentang beberapa hal atau masalah yang nantinya akan dibahas pada karya tulis
tersebut secara lebih mendalam
BAB II : TINJAUAN
PUSTAKA
Tinjauan
pustaka berisi mengenai peninjauan dari poin-poin penting yang menjadi topik
permasalah di dalam karya tulis tersebut. Tinjauan pustaka ini nantinya akan
berguna untuk mereview masalah-masalah yang mempunyai keterkaitan dengan topik
permasalahan.
BAB III : PEMBAHASAN
Pembahasan berisi tentang data-data hasil dari penelitian
yang diperoleh dari hasil kuisioner ataupun data tertulis yang diambil dari
instansi-instansi yang bersangkutan. Atau berupa deskripsi temuan-temuan yang
didapatkan.
BAB IV : PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Kesimpulan
yaitu rangkuman dari poin-poin penting yang termaktub di dalam isi makalah yang
telah di bahas secara panjang lebar.
4.2. Saran
Penulisan
saran ini berisi tentang permintaan atau masukan dari penulis kepada pembaca,
seperti meminta untuk melengkapi hasil penelitiannya atau mungkin bisa juga
permintaan untuk memperbaiki apabila ditemukan indikasi kesalahan atau memberi
masukan agar penulis memperbaikinya.
DAFTAR PUSTAKA
Makalah paling
lambat diterima pada tanggal 20 April 2019 pada email: yasbic75@gmail.com dengan
mengonfirmasi pembayaran pada no. 085242099140.
Leave a Comment